Upacara Obor; Seremoni Penerimaan Peserta Didik Taruna Akademia Batch 4 Tahun 2022

Mengikat motivasi dan mendorong kemauan belajar peserta didik sebelum memasuki proses bimbingan secara kontinu dijalankan di taruna akademia. Hingga september 2022 telah dilaksanakan bimbingan belajar hingga pada batch 4.

Sebelum memasuki proses pelatihan dan pembimbingan pada hari kamis, 01 September 2022, dilaksanakan proses penerimaan peserta bimbingan batch 4 sebanyak 14 peserta. Kegiatan seremonial penerimaan ditandai dengan pembakaran api obor sebagai simbol nyala api semangat dan jiwa korsa.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Adelbertus Manek dipercayakan menjadi pembina upacara, dan yang menjadi komandan upacara adalah Adven Tekege. Dalam amanatnya Bapak Dell menyampaikan ucapan selamat datang bagi peserta didik batch 4. Beliau menegaskan untuk pentingnya menjaga api semangat seperti nyala api unggun dalam mengarungi proses pembelajaran di Taruna Akademia. Kurang lebih 3 bulan peserta didik akan ditempa, dilatih dan dibimbing guna persiapan mengikuti seleksi pada sekolah kedinasan, TNI maupun Polri. Selanjutnya, masing-masing tentor yang hadir juga turut memberikan amanat diantaranya, Bapak Florianus Nay selaku tentor inteligensi umum. Beliau menegaskan bahwa hari ini merupakan satu langkah kecil untuk mencapai finish. Oleh karenanya sedari awal peserta didik wajib mempunyai komitmen untuk serius dalam mengikuti rangkaian kegiatan di taruna akademia  serta memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Lebih lanjut, Bapak Angga Bilaut selaku tentor mental ideologi, mengemukakan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di taruna merupakan momen serta kesempatan yang langkah serta dibarengi dukungan orang tua. Oleh karenanya, sebagai anak mempunyai kewajiban untuk berusaha maksimal memanfaatkan dukungan orang tua tersebut guna mencapai cita-cita yang diharapkan. Terakhir, amanat ditutup oleh Bapak Alexius Andiwatir selaku koordinator tentor serta tentor bahasa indonesia, tes kepribadian dan character building, menegaskan bahwa sukses merupakan pertemuan antara kesiapan dan momentum. Ketika persiapan dan kesiapan sudah sangat matang, serta momen itu hadir disaat yang tepat maka sukses dapat dengan mudah diraih., lugas pria yang sering disapa Nong Alex dan pernah mengenyam pendidikan di bukit sandar matahari.

 

Contributor: Florianus A. Nay, S.Pd., M.Pd***

Editor: M. Erwin Bria, S.Pd., M.Pd